Bandarlampung, 12 Juli 2013
dilaksanakan pendidikan dan latihan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti
oleh pendidik dan kepala sekolah se-Propinsi Lampung. Diklat ini dilaksanakan
di  Bandarlampung dan dibagi di beberapa lokasi diantaranya di LPMP,
Hotel Sahid, Hotel Hartono serta Hotel Nusantara. Pada tahun ini peserta diklat
pada tahun 2013 ini diikuti oleh sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA dan
SMK yang memiliki predikat akreditasi tipe A. Untuk guru SD terdiri dari Kepala
Sekolah, guru kelas 1 dan 4, guru SBK serta guru penjas (PJOK), untuk guru SMP
terdiri dari guru PKn, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Matematika, IPS, IPA, dan
SBK sedangkan untuk guru SMA dan SMK terdiri guru Matematika, Bhs. Indonesia
dan Sejarah. Diklat dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 8 hingga 14 Juli 2013,
tetapi untuk guru dilaksanakan hanya 5 hari dari tanggal 9 hingga tanggal 13
Juli 2013.
Materi diklat disampaikan oleh
guru-guru inti yang sebelumnya telah mengikuti diklat di Jakarta, materi yang
disampaikan diantaranya sebagai berikut.
NO. 
 | 
   
MATERI PELATIHAN 
 | 
  |
0. 
 | 
  
PERUBAHAN MINDSET 
 | 
 |
Bahan Tayang 
 | 
  
Tantangan
  Indonesia dalam Abad ke-21 
 | 
 |
1. 
 | 
  
KONSEP KURIKULUM 2013 
 | 
 |
Video 
 | 
  
Tayangan
  Paparan Kurikulum 2013 oleh Mendikbud 
 | 
 |
Bahan Tayang 
 | 
  
Rasional 
 | 
 |
Elemen
  Perubahan 
 | 
 ||
SKL, KI, KD 
 | 
 ||
Strategi
  Implementasi  
 | 
 ||
Hand-Out 
 | 
  
Naskah
  Kurikulum 2013 
 | 
 |
SKL, KI, dan
  KD 
 | 
 ||
Contoh
  Analisis Keterkaitan antara SKL, KI, dan KD 
 | 
 ||
Lembar
  Kerja/Rubrik 
 | 
  
Analisis
  Keterkaitan SKL, KI, KD 
 | 
 |
2. 
 | 
  
ANALISIS MATERI AJAR 
 | 
 |
Video 
 | 
  
Pembelajaran
  di SD Kelas I 
 | 
 |
Bahan Tayang 
 | 
  
Konsep
  Pembelajaran Tematik Terpadu 
 | 
 |
Konsep
  Pendekatan Scientific 
 | 
 ||
Konsep
  Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil Belajar 
 | 
 ||
Analisis Buku
  Guru dan Siswa 
 | 
 ||
Lembar
  Kerja/Rubrik 
 | 
  
Analisis Buku
  Guru 
 | 
 |
Analisis Buku
  Siswa 
 | 
 ||
Rubrik
  Penilaian Hasil Analisis Buku Guru dan Siswa 
 | 
 ||
Hand-Out 
 | 
  
SKL, KI, dan
  KD 
 | 
 |
Konsep
  Pembelajaran Tematik Terpadu 
 | 
 ||
Implementasi
  Pembelajaran Tematik Terpadu 
 | 
 ||
Konsep
  Pendekatan Scientific 
 | 
 ||
Contoh
  Penerapan Pendekatan scientific dalam Pembelajaran di SD Kelas I 
 | 
 ||
Konsep
  Penilaian Autentik 
 | 
 ||
Contoh
  Penerapan Penilaian Autentik pada Pembelajaran di SD Kelas I 
 | 
 ||
Lembar
  Kerja/Rubrik 
 | 
  
Analisis Buku
  Guru 
 | 
 |
Analisis Buku
  Siswa 
 | 
 ||
Rubrik
  Penilaian Hasil Analisis Buku Guru dan Siswa 
 | 
 ||
3. 
 | 
  
MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN 
 | 
 |
Bahan Tayang 
 | 
  
Rambu-rambu
  Penyusunan RPP Mengacu pada Standar Proses dan Pendekatan Scientific 
 | 
 |
Panduan Tugas
  Menelaah Rancangan Penilaian pada RPP yang Telah Dibuat 
 | 
 ||
Hand-Out   
 | 
  
SKL, KI, dan
  KD 
 | 
 |
Rambu-rambu
  Penyusunan RPP Mengacu pada Standar Proses dan Pendekatan Scientific 
 | 
 ||
Contoh RPP
  Tematik SD Kelas I 
 | 
 ||
Contoh
  Penerapan Penilaian Autentik pada Pembelajaran  
 | 
 ||
Lembar
  Kerja/Rubrik   
 | 
  
Telaah RPP 
 | 
 |
Rubrik
  Penilaian Telaah RPP 
 | 
 ||
4. 
 | 
  
PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING 
 | 
 |
Video 
 | 
  
Video
  Pembelajaran  
 | 
 |
Bahan
  Tayang   
 | 
  
Strategi
  Pengamatan Tayangan Video 
 | 
 |
Panduan Tugas
  Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Peer-Teaching 
 | 
 ||
Instrumen
  Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran 
 | 
 ||
Lembar
  Kerja/Rubrik   
 | 
  
Analisis
  Pembelajaran pada Tayangan Video 
 | 
 |
Rubrik
  Penilaian Analisis Pembelajaran pada Tayangan Video 
 | 
 ||
Instrumen
  Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran 
 | 
 ||
Rubrik
  Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran 
 | 
 ||
Untuk Guru SDN 4 Metro Timur yang
mengikuti Pendidikan dan Latihan Implementasi Kurikulum 2013 terdiri dari
Kepala Sekolah Ibu Hj. Kuswinarti, S. Pd. I, Guru Kelas I Ibu Lasmiati, S. Pd.
SD dan Ibu Ropiah, A. Ma. Pd, guru Kelas IV Ibu Suharyati, S. Pd., Ibu Yulia,
S. Pd. dan bapak Zulkurnain, S. Pd. SD, GURU PJOK Ibu Siti Rupiah, S. Pd., dan
guru SBDP Ismet, S. Pd.






