Bandarlampung, 12 Juli 2013
dilaksanakan pendidikan dan latihan implementasi kurikulum 2013 yang diikuti
oleh pendidik dan kepala sekolah se-Propinsi Lampung. Diklat ini dilaksanakan
di Bandarlampung dan dibagi di beberapa lokasi diantaranya di LPMP,
Hotel Sahid, Hotel Hartono serta Hotel Nusantara. Pada tahun ini peserta diklat
pada tahun 2013 ini diikuti oleh sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA dan
SMK yang memiliki predikat akreditasi tipe A. Untuk guru SD terdiri dari Kepala
Sekolah, guru kelas 1 dan 4, guru SBK serta guru penjas (PJOK), untuk guru SMP
terdiri dari guru PKn, Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Matematika, IPS, IPA, dan
SBK sedangkan untuk guru SMA dan SMK terdiri guru Matematika, Bhs. Indonesia
dan Sejarah. Diklat dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 8 hingga 14 Juli 2013,
tetapi untuk guru dilaksanakan hanya 5 hari dari tanggal 9 hingga tanggal 13
Juli 2013.
Materi diklat disampaikan oleh
guru-guru inti yang sebelumnya telah mengikuti diklat di Jakarta, materi yang
disampaikan diantaranya sebagai berikut.
NO.
|
MATERI PELATIHAN
|
|
0.
|
PERUBAHAN MINDSET
|
|
Bahan Tayang
|
Tantangan
Indonesia dalam Abad ke-21
|
|
1.
|
KONSEP KURIKULUM 2013
|
|
Video
|
Tayangan
Paparan Kurikulum 2013 oleh Mendikbud
|
|
Bahan Tayang
|
Rasional
|
|
Elemen
Perubahan
|
||
SKL, KI, KD
|
||
Strategi
Implementasi
|
||
Hand-Out
|
Naskah
Kurikulum 2013
|
|
SKL, KI, dan
KD
|
||
Contoh
Analisis Keterkaitan antara SKL, KI, dan KD
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis
Keterkaitan SKL, KI, KD
|
|
2.
|
ANALISIS MATERI AJAR
|
|
Video
|
Pembelajaran
di SD Kelas I
|
|
Bahan Tayang
|
Konsep
Pembelajaran Tematik Terpadu
|
|
Konsep
Pendekatan Scientific
|
||
Konsep
Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil Belajar
|
||
Analisis Buku
Guru dan Siswa
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis Buku
Guru
|
|
Analisis Buku
Siswa
|
||
Rubrik
Penilaian Hasil Analisis Buku Guru dan Siswa
|
||
Hand-Out
|
SKL, KI, dan
KD
|
|
Konsep
Pembelajaran Tematik Terpadu
|
||
Implementasi
Pembelajaran Tematik Terpadu
|
||
Konsep
Pendekatan Scientific
|
||
Contoh
Penerapan Pendekatan scientific dalam Pembelajaran di SD Kelas I
|
||
Konsep
Penilaian Autentik
|
||
Contoh
Penerapan Penilaian Autentik pada Pembelajaran di SD Kelas I
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis Buku
Guru
|
|
Analisis Buku
Siswa
|
||
Rubrik
Penilaian Hasil Analisis Buku Guru dan Siswa
|
||
3.
|
MODEL RANCANGAN PEMBELAJARAN
|
|
Bahan Tayang
|
Rambu-rambu
Penyusunan RPP Mengacu pada Standar Proses dan Pendekatan Scientific
|
|
Panduan Tugas
Menelaah Rancangan Penilaian pada RPP yang Telah Dibuat
|
||
Hand-Out
|
SKL, KI, dan
KD
|
|
Rambu-rambu
Penyusunan RPP Mengacu pada Standar Proses dan Pendekatan Scientific
|
||
Contoh RPP
Tematik SD Kelas I
|
||
Contoh
Penerapan Penilaian Autentik pada Pembelajaran
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Telaah RPP
|
|
Rubrik
Penilaian Telaah RPP
|
||
4.
|
PRAKTIK PEMBELAJARAN TERBIMBING
|
|
Video
|
Video
Pembelajaran
|
|
Bahan
Tayang
|
Strategi
Pengamatan Tayangan Video
|
|
Panduan Tugas
Praktik Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Peer-Teaching
|
||
Instrumen
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
|
||
Lembar
Kerja/Rubrik
|
Analisis
Pembelajaran pada Tayangan Video
|
|
Rubrik
Penilaian Analisis Pembelajaran pada Tayangan Video
|
||
Instrumen
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
|
||
Rubrik
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
|
Untuk Guru SDN 4 Metro Timur yang
mengikuti Pendidikan dan Latihan Implementasi Kurikulum 2013 terdiri dari
Kepala Sekolah Ibu Hj. Kuswinarti, S. Pd. I, Guru Kelas I Ibu Lasmiati, S. Pd.
SD dan Ibu Ropiah, A. Ma. Pd, guru Kelas IV Ibu Suharyati, S. Pd., Ibu Yulia,
S. Pd. dan bapak Zulkurnain, S. Pd. SD, GURU PJOK Ibu Siti Rupiah, S. Pd., dan
guru SBDP Ismet, S. Pd.